Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Cerdaskan Generasi Papua, DAP Sorsel Sukses Gelar Cerdas Cermat Bahasa Inggris

Pembukaan Lomba Cerdas Cermat Bahasa Inggris (Doc.MFT.JD)

Mediafajartimur.com, Sorong Selatan - Mencerdaskan generasi Papua bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah namun wajib menjadi tanggung kita semua. Hal inilah yang mendorong Dewan Adat Papua (DAP) daerah Sorong Selatan menggelar lomba cerdas cermat bahasa Inggris tingkat SD, SLTP dan SMU.

Songsong HUT DAP daerah Sorong Selatan yang ke-1 tahun, Panitia sukses gelar lomba cerdas cermat bahasa Inggris hingga selesai.  Lomba tersebut berlangsung di aula Saroti Koramil Teminabuan Kamis (02/09/21)


Tepat jam 2 siang Kegiatan tersebut dibuka oleh Ketua DAP Sorsel George Ronal Konjol. Turut hadir pada pembukaan Lomba tersebut Plt. Ketua DAP Wilayah III Doberay Zakarias Horota, Wakil Ketua Pemuda Adat Wilayah III Doberay Timotius Daud Yelimolo dan Sekretaris Pemuda Adat Wilayah III Doberay Musa Mambrasar.

Tim Penguji & Tim Juri (Doc.MFT.JD)


Zakarias Horota Plt. DAP Wilayah III Doberay Dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan DAP Sorsel. Menurutnya dengan dilakukannya kegiatan ini maka DAP Sorong Selatan juga telah membantu pemerintah untuk meningkatkan minat generasi Papua dari usia dini khusus untuk belajar bahasa Inggris karena baginya bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang mau tidak mau harus bisa dikuasai. Dirinya juga berharap agar DAP Sorong Selatan juga harus memberikan masukan kepada pemerintah daerah agar bisa lebih serius menyiapkan generasi Papua kedepan nantinya.

"DAP Sorsel bisa berikan masukan juga kepada pemerintah agar pemerintah harus lebih serius untuk persiapkan anak-anak ini untuk masa depan mereka" Ujar Plt. Ketua DAP Wilayah III Doberay Zakarias Horota kepada media fajar timur usai acara pembukaan kegiatan lomba cerdas cermat bahasa inggris di aula Saroti Koramil Teminabuan Kamis (02/09/21).

Plt. Ketua DAP Wilayah III Doberay Zakarias Horota saat berikan keterangan kepada wartawan media fajar timur usai pembukaan Lomba cerdas cermat bahasa Inggris di aula Saroti Koramil Teminabuan (Doc.MFT.JD)


Sementara itu ketua DAP Sorsel George Ronal Konjol dalam sambutannya mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut maka dapat mendorong minat bakat  dengan potensi yang dimiliki peserta lomba sehingga akan muncul pemuda pemudi Papua yang bisa bersaing di daerah-daerah lain.

Ronal Konjol juga melanjutkan bahwa "kedepan pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah agar hal-hal yang lebih besar, pihaknya akan lakukan dalam rangka mengangkat hak dan martabat orang asli Papua". Tutur Ronal.

Peserta terdiri dari SD 3 kelompok, SLTP 3 Kelompok dan SMU 2 kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 3 orang. Dikarenakan peserta yang datang dalam jumlah ganjil maka ada kelompok yang jumlah anggotanya 4 orang. Wakil Ketua Pemuda Adat Wilayah III Doberay Timotius Daud Yelimolo dipercayakan juga sebagai tim juri mendampingi Juri senior yang juga adalah mantan gurunya waktu di SMA YPK Teminabuan Stevanus Howay, S.Pd. sedangkan untuk tim penguji terdiri dari 2 orang yaitu Spenyer Naa, S.Pd dan Mondo Kolin.

Kegiatan cerdas cermat diawali dengan pembagian kelompok sesuai nama negara. Ada yang memilih nama negara Brazil, Ingris,  Australia, Israel dan Jerman. Soal yang disajikan tim penguji Disesuaikan tingkat kesulitan berdasarkan tingkat pendidikan peserta baik SD, SLTP dan SMU.

Salah satu tim peserta lomba cerdas cermat bahasa Inggris tampak serius mendengarkan pertanyaan dari tim penguji (Doc.MFT.JD)


Kegiatan lomba berjalan lancar sampai dengan selesai pukul 18:40 WIT (Jam 6:40 sore). Peserta yang lebih awal mengikuti lomba adalah 3 tim tingkat SD kemudian dilanjutkan dengan 3 tim tingkat SLTP dan paling akhir ditutup dengan 2 tim peserta dari tingkat SMU.

Spenyer Naa yang juga selain sebagai tim penguji tetapi juga dipercayakan sebagai Koordinator Seksi Lomba kepada kepada media fajar timur mengungkapkan Hasil penilaian dewan juri akan diserahkan kepada dirinya dan Pemenangnya akan diumumkan pada puncak perayaan HUT DAP Sorsel tanggal 11 September 2021 sekaligus panitia akan menyerahkan hadiah kepada para peserta tim pemenang lomba tersebut.

"Untuk nilai dari pada peserta lomba tingkat SD, SMP dan SMA sudah diakomodir oleh para dewan juri nanti akan diberikan kepada saya selaku seksi Lomba Cerdas Cermat dan puncaknya itu pada tanggal 11 September, jadi puncaknya disitu akan ada dalam pembagian hadiah lomba kepada peserta" Tutur Spenyer Naa usai kegiatan cerdas cermat bahasa Inggris kepada media fajar timur. (RED.MFT/JD).

Posting Komentar

0 Komentar