Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Parah Tokoh Dan Polres Sorsel Deklarasi Bersama Maybrat Damai

 

Parah Tokoh Dan Polres Sorsel Deklarasi Bersama Maybrat Damai

LMA dan Masyarakat  Maybrat di Kabupaten Sorong Selatan Deklarasikan Maybrat Damai.


TEMINABUAN- Para tokoh adat, agama, pemuda,masyarakat dan tokoh perempuan asal  Maybart yang berdomisili di Kabupaten Sorong Selatan, sepakat untuk deklarasi damai. Hal ini dituangkan dalam acara bertajuk ,Deklarasi Tokoh-Tokoh Sorong Selatan asal Maybrat.

Baca Juga : Akhirnya Palang Gerbang Pintu Kantor DPRD Dibuka

Kegiatan yang berlangsung di Cafe Dcul, Wermith,Rabu (8/9/2021). Dan  dipelopori Satbimas Polres Sorong Selatan (Sorsel)  yang melibatkan para tokoh se-Maybrat di Kabupaten Sorsel. Aksi ini ditandai dengan mengikrarkan  kesepakatan deklarasi "Kami Jaga Damai Di Maybrat".

Baca Juga : Bupati Sorsel Lantik Kepala Kampung Wendi dan Saksikan Sertijab

Kapolres Sorong Selatan AKBP Choiruddin Wachid melalui Kasat Binmas Iptu Marthinus Mangiri mengatakan tujuan dilaksanakan kegitan ini untuk mencari formasi dari para tokoh asal Maybrat. Untuk mendapatkan masukan dalam melihat, menyikapi dan menyatukan persepsi penanganan peristiwa pembunuhan empat anggota TNI di Pos Koramil Kisor yang berdampak pada situasi Kamtibmas di kabupaten Maybrat.

"Untuk menjaga dan menciptakan Kamtimbas yang aman dan damai itu perlu melibatkan masyarakat dan seluruh tokoh yang ada,"ujarnya. 

Dikatakan Kasat Bimas, parah tokoh dan seluruh lapisan masyarakat perlu mengantisipasi dan mewaspadai situasi Kamtibmas di wilayah lingkungan masing-masing  pasca peristiwa tragis penyerangan Pos Koramil Kisor."Saya mengajak para tokoh  mari kita melihat peristiwa itu secara jernih. Peristiwa itu merupakan tragedi kemanusiaan yang kita semua tidak inginkan bersama," tandas Kasat Bimas. 

Baca Juga : Berbagai Lomba Meriahkan HUT Ke-73 PI Kampung Sadrofoyo

Alfons Kambu, Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Maybrat.Ia mengajak seluruh komponen  masyarakat dan para tokoh Maybrat untuk bersama melihat kondisi  terkini di Kabupaten Maybart. Selain itu Ia menyesali dan mengutuk perbuatan sadis yang menewaskan 4 anggota TNI di Posramil Kisor, Kabupaten Maybrat pada 2 September 2021.

"Ini merupakan tindakan yang tidak manusiawi yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang dengan sengaja ingin mengacaukan situasi keamanan di Kabupaten Maybrat,"ungkap Ketua LMA.

Menurut Ketua LMA Maybrat, tindakan tersebut sangat disesalkan. Sebab kata  Dia dalam hukum agama mana pun, tindakan membunuh atau mengakhiri hidup orang merupakan tindakan yang dilarang atau tidak diizinkan.Ia juga mengajak masyarakat Maybrat yang ada di Sorsel, agar bersama berdoa dan mohon pemulihan Kabupaten Maybrat. "Ini adalah tindakan yang dilakukan oleh oknum yang sengaja menggangu situasi keamanan di Kabupaten Maybrat,"pungkasnya.(RED.MFT/BK)

Posting Komentar

0 Komentar