Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Legislator Abdul Gafur: Jawab Pendidikan Di Kokoda Dengan Bagun TK-PAUD dan PKBM

 

Anggota DPRD Sorong Selatan asal dapil tiga, Abdul Gafur. SE, saat menyaksikan proses pembangunan fondasi TK PAUD Angfata beberapa waktu lalu

MEDIA FAJAR TIMUR.COM,TEMINABUAN- Anggota DPRD Kabupaten Sorong Selatan, Abdul Gafur, SE secara bertahap menjawab kebutuhan pembangunan di daerah pemilihan tiga (Inanwatan, Metemani, Kais, Kokodo dan Kokoda Utara)  yang merupakan daerah penilihan dimana ia terlipih. Sebagai wujudnyata,legislator asal partai PKB itu kini telah membangun TK, PAUD dan PKBM di Distrik Kokoda. 

Abdul Gafur mengatakan, TK/PAUD diberi nama Angfata dan dibangunnya itu keberadaannya cukup strategis dan sangat membantu warga masyarakat terutama usia sekolah.Keberadaannya bagi anak-anak usia dini di wilayah Distrik Kokoda khususnya menjangkau  tiga Kampung yaitu Siwatori, Totona dan Tapas.

"Syukur Alhamdulillah kami telah berusaha membangun sarana dan prasarana pendidikan berupa gedung TK PAUD hingga 100 persen. Namun karena keterbatasan situasi dan kondisi dari kemampuan kami sehingga berjalan apa adanya, oleh karena itu kami sangat mengharapkan bantuan para pemangku kepentingan dalam proses pelaksanaan operasional TK/PAUD Angfata," ujarnya melalui press riealisenya yang di terima media ini,  Minggu (12/12/2021). 

Abdul Gafur yang merupakan politisi muda asal partai PKB itu berharap,  proses belajar mengajar di TK/PAUD  Angfata bisa secepatnya berjalan lancar, dapat meningkatkan semangat dan motivasi guru dalam mengajar. Sebab dunia anak adalah dunia yang unik dan khas. Dan untuk menjawab hal itu maka melaui  program yang pro rakyat membagun  pendidikan TK dan PAUD  sebagai awal bagi anak mulai mengawali pengalamannya didunia belajar. 

Rintisan pengalaman pertamanya ini, secara psikologis haruslah merupakan pengalaman yang sangat terkesan.oleh karena itu, pembelajaran di institusi pendidikan ( taman kanak-kanak red) harus dikondisikan semenarik mungkin sehingga proses pembelajarannya yang dijalani akan mendorong motivasi dalam belajar anak artinya proses belajar harus digambarkan sebagai suasana yang menyenangkan.

"Pendidikan TK PAUD merupakan program strategis dalam rangka menyiapkan sumber daya manusia Generasi Emas Imekko yang akan datang," tandasnya.

Hal yang menarik menurut Abdul Gafur sehingga  dirinya membagun TK dan PAUD di Distrik Kokoda ( kampung Siwatori, Totona dan Tapas) yakni sering menemukan anak usia dini ikut orang tua melaui atau ikut berburu ke hutan."Yang sering kami temui di kampung yaitu masi seringnya orang tua membawa anak-anak usia dini ke dusun ataupun kelaut, hal ini akan menjadi kebiasan anak dimana diusia anak fungsi kerja otaknya mulai bekerja suda diajarkan pergi kelaut/ke dusun, yang demikian ini akan berdampak pada tumbuh kembang serta karakter pembelanjaran anak kedepannya," paparnya. 

Untuk itu, Abdul Gafur berkomitmen untuk memutuskan mata rantai persoalan tersebut agar kiranya anak-anak usia dini pembentukan karakternya di TK/PAUD. Sembari Gafur berharap, untuk mengawal proses pembelajaran TK/PAUD kedepannya ada Program Pemerintah yaitu, Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebagai perbaikan gizi dan juga sebagai stimulus bagi orang tua agar tidak khawatir anaknya di sekolahkan di TK/PAUD dan para orang tua bisa pergi ke laut aatau dusun tanpa membawa anak-anak.

Abdul Gafur menjelaskan, Gedung TK/PAUD Angfata  yang dibangun itu  juga gunakan sebagai gedung Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sitopas.Hal ini bagian dari komitmen dirinya sebagai wakil rakyat dari dapil  Imeko membangun SDM Imekko yang merupakan keberlanjutan program, yaitu Pembangunan TK/Paud untuk Generasi Emas yang akan datang, PKBM untuk menyelamatkan generasi putus sekolah. 

"Mengingat cukup tingginya generasi putus sekolah maka wajib bagi pemerintah untuk hadir menyelamatkan generasi tersebut, meskipun mereka hanya bisa mendapatkan Ijasah Paktet , setelah mendapatkan pembelajaran di PKBM mereka akan diikutkan dalam ujian Paket , baik itu paket A, B maupun Paket C, keberlanjutan dari PKBM tersebut maka meraka akan diberikan pelatihan di BLK guna membentuk keterampilan dengan mendapatkan sertifikat pelatihan,"kata Abdul Gafur.

Ia juga mengajak masyarakat, kaum Itelektual  Imekko serta para pemangku kepentingan untuk medukung dan bersatu mengawal proses pembangunan di Imekko demi mewujudkan Imekko maju, mandiri dan bersaing dengan daerah lainnya.

Lanjut Abdul Gafur, terwujudnya pembangunan TK/PAUD dan PKBM Sitopas ini ia memberi apresiasi yang setinggi-tingginya dan ucapan banyak terima kasih serta rasa syukur yang mendalam kepada Allah SWT, kepada Bupati Sorong Selatan, Samsudin Anggiluli yang senantiasa mendukung terlaksananya pembangunan TK/PAUD dan PKBM ini.

Kepala Distrik Kokoda Husein Totarago, Kepala Kampung Siwatori, Totona dan Tapas, Ibu Siti Joleha Fatagar dan Suami yang telah bersama  pihaknya dalam Proses Pembangunan, Bpk Abdul Rahman serta kepada masyarakat ketiga Kampung Siwatori, Totona dan Tapas   yang dicintai yang selalu memberikan dukungan hingga terwujudnya pembangunan TK/PAUD dan PKBM tersebut. 

"Semoga TK PAUD  dan PKBM ini selalu mendapat lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa dalam pengoperasionalan kedepannya,tutupnya (Red/BK).

Posting Komentar

0 Komentar