Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

81 KK di Kampung Tegirolo Tidak Terima BLT TA 2022 Berdasarkan Hasil Putusan Muskam

Ketua Baperkam Melkianus Sagrim (Pegang Mic) & Kepala Kampung Tegirolo Bastian Salamuk saat memimpin sidang Muskam tahun anggaran 2022 
(Foto Istimewa MFT)

Media Fajar Timur. Com, Sorong Selatan - Merencanakan program tahunan kampung tahun anggaran 2022, Baperkam bersama pemerintah kampung Tegirolo menggelar Musyawarah Kampung (Muskam) dihalaman kantor kampung Tegirolo distrik Teminabuan kabupaten sorong selatan, Jumat (22/4/22).

Hadir pada muskam tersebut, warga masyarakat kedua RT yaitu RT 01 dan RT. 02, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, intelektual, perwakilan 2 kampung persiapan yaitu kampung persiapan Alon dan Kampung persiapan Thesia Migain, Pendamping P3MD kabupaten sorong selatan, Baperkam dan kepala kampung tegirolo serta seluruh staf.

Dalam pembahasan Muskam yang dipimpin oleh pimpinan musyawarah ketua Baperkam Melkianus Sagrim mereka menetapkan hanya 72 Kepala Keluarga (KK) saja yang berhak menerima Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahun anggaran 2022.

Dengan demikian maka dari 153 KK yang pada tahun sebelumnya (2021) menerima BLT yang bersumber dari alokasi dana desa berkurang 81 KK sehingga yang berhak menerima BLT pada tahun anggaran 2022 hanya 72 KK saja.

Pendamping Kabupaten Program P3MD Dorce Asmuruf Saat memberikan penjelasan Penggunaan dana desa TA. 2022 saat muskam kampung tegirolo (Foto Istimewa MFT)

81 KK yang tidak lagi berhak menerima bantuan BLT ditahun 2022 adalah mereka yang mempunyai penghasilan tetap. Hal tersebut diputuskan berdasarkan surat instruksi Bupati kabupaten sorong selatan Samsudin Anggiluli tahun 2022. Surat Instruksi Bupati tersebut dibacakan langsung oleh Pendamping kabupaten sorong selatan program P3MD Dorce Asmuruf dihadapan peserta sidang muskam.

Satu butir instruksi tersebut menyatakan bahwa "Pemberian bantuan dana langsung tunai hanya dapat diperuntukkan bagi warga masyarakat yang tidak mempunyai penghasilan tetap. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan non aparatur sipil negara yang berpenghasilan tetap sangat tidak diperbolehkan untuk diberikan atau mendapat bantuan langsung tunai dari dana desa tahun 2022". Baca Dorce Asmuruf.

Muskam kampung tegirolo diawali dengan pembacaan laporan pertanggungjawaban penggunaan dana desa dan dana prospek tahun anggaran 2021 didepan peserta muskam. Walau ada sedikit catatan yang perlu diperbaiki namun sidang muskam  terus berjalan dengan baik hingga pengesahan hasil pembacaan laporan pertanggungjawaban tahun anggaran 2021.

  • Bendahara dana desa Yulianus Bleskadit (kanan) & Bendahara Prospek Agustinus Ijie (Kiri) saat membacakan laporan pertanggungjawaban dihadapan peserta sidang muskam kampung tegirolo (Foto Istimewa MFT)

Selain program dana BLT, musyawarah kampung juga memutuskan untuk pembagian alokasi dana desa kampung tegirolo tahun anggaran 2022 dibagi menjadi 40% dan 60%. 40% untuk membiayai BLT dan 60% untuk membiayai beberapa program pembagunan kampung.

Program pembangunan kampung diluar program pusat yang sudah ditetapkan sesuai peraturan menteri keuangan antara lain : rumah layak huni, pengadaan bahan stimulan, pembangunan lapangan futsal, Rehab rumah rakyat, program air bersih dari kampung persiapan Thesia Migain dan program bahan stimulan dari kampung persiapan Alon, Pelatihan kader pembangunan manusia, pemberian makanan tambahan bagi bayi balita dan pelatihan kader posyandu.

Suasana Musyawarah Kampung Tegirolo tahun 2022 (Foto Istimewa MFT)

Selain itu ada juga beberapa program tambahan yang ditetapkan sebagai program jangka panjang yaitu pembayaran penggunaan air bersih kepada pribumi dan pembangunan kantor kampung tegirolo. 2 program jangka panjang ini akan diupayakan melalui jalur lain diluar alokasi dana desa.

Hasil muskam kampung tegirolo juga menetapkan pergantian RT.01 kampung Tegirolo George Bleskadit.

Diketahui untuk tahun anggaran 2022, kampung tegirolo mendapatkan alokasi dana desa yang bersumber dari dana APBN sebesar Rp. 938.578.000. Pendamping P3MD kabupaten sorong selatan Dorce Asmuruf, ia menyampaikan bahwa untuk rincian pembagian besaran dana desa masing-masing kampung tahun 2022 langsung dibagi kementerian desa. Jadi berbeda dengan tahun sebelumnya 2021 yang harus dibagi dinas terkait di tingkat kabupaten.

Muskam yang berjalan dari pagi hingga sore hari itu berjalan baik hingga ditetapkannya beberapa poin program oleh ketua Baperkam Melkianus Sagrim bersama Kepala Kampung tegirolo Bastian Salamuk.

"Dengan memanjatkan puji syukur kepada Tuhan yang maha esa, hari ini Jumat tanggal 22 April tahun 2022, saya menetapkan hasil musyawarah kampung tegirolo tahun anggaran 2022," ucap ketua Baperkam kampung tegirolo Melkianus Sagrim mengesahkan sekaligus menutup agenda muskam kampung tegirolo distrik Teminabuan kabupaten sorong selatan tahun anggaran 2022.(RED.JD).

 

Posting Komentar

0 Komentar