Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Bupati Johny Kamuru Berharap "LBH Nosbe Papua" Membantu Memperjuangkan Keadilan Bagi Masyarakat Kecil

Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H, M.
Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H,M.Si saat menandatangani berita acara perersmian kantor LBH Nosbe Papua.


MEDIA FAJAR TIMUR.COM, Aimas -- Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H, M.Si merasa bangga dengan hadirnya Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nosbe Papua di Kabupaten Sorong. Sebagai salah satu LBH pertama yang berdiri di tanah Moi itu, Bupati Kamuru berharap dapat membantu memperjuangkan hak-hak dan keadilan masyarakat kecil.

"Perjuangkanlah masyarakat kecil yang ada di wilayah Kabupaten Sorong yang kita cintai ini sehingga masyarakat mencintai LBH Nosbe Papua," ujar Bupati Kamuru saat meresmikan Kantor LBH Nosbe Papua yang beralamat di Kelurahan Malawele, Distrik Aimas Kabupaten Sorong Provinsi Papua Barat, Selasa (5/4/2022)

Tak hentinya, Bupati menyampaikan Ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berdirinya LBH Nosbe Papua ide ini lahir dari saudara-saudara kita yang memiliki akan kecintaanya kepada masyarakat dalam memperjuangkan keadilan. "Bahwa LBH Nosbe Papua ini adalah LBH yang pertama sekali di kabupaten Sorong. Oleh karena itu, teruslah maju dan berkembang dengan apa yang menjadi visi misi LBH ini," pesannya.

Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H, M.

Kepada ketua LBH Nosbe Papua, Bupati Johny Kamuru mengucapkan terima kasih atas perjuangannya, jadikanlah lembaga ini untuk melayani masyarakat kecil sehingga masyarakat kecil yang membutuhkan pelayanan keadilan bisa dirasakan dan bermanfaat bagi semua orang. Serta bahwa Tuhan akan memberikan berkat kepada orang- orang tidak pernah setengah-setengah tentu pasti secara utuh oleh karena itu bekerja dengan tulus, jujur dan berkeadilan.

Dalam kesempatan ini juga Bupati menyampaikan, selamat menunaikan ibadah Puasa kepada saudara-saudara yang beragama Muslim selamat menjalankan ibadah puasa, semoga apa yang kita buat dapat memberikan dampak yang baik kepada masyarakat Kabupaten Sorong yang kita cintai.

Septinus Lobat S.H selaku Ketua LBH Nosbe Papua, mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. Ia berharap juga bahwa tujuan LBH Nosbe Papua  ini kedepan menjadi wadah atau tempat satu-satunya di Kabupaten Sorong bisa membantu kepentingan hukum para pencari keadilan secara Predeo (gratis) tampa pungkut biaya untuk bayar pengacara.

Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H, M.

"Untuk itu kami berharap melalui Acara peresmian ini semua Pihak dapat mendukung kami.Pihak Penerintah Kabupaten Sorong, pihak perusahan baik itu BUMN dan BUMD yang beroperasi di  wilayah hukum dan wilayah pemerintah Kabupaten Sorong untuk mendukung bagian pelayanan Hukum kepada masayarakat Kabupaten Sorong (para pencari keadilan,red )yang dikategori tidak mampu," ungkapnya.

Dipaparkan Septinus Lobat, bahwa LBH Nosbe Papua pun tidak serta merta menerima perkara, namun kami lebih mendahulukan prosedur dan alur penaganan perkara prodeo pada suatu LBH. Sebagaimana diatur dalam Undang - undang nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.

Sembari Septinus menambahkan LBH Nosbe Papua hadir disini untuk membantu masyrakat kecil dan pihak-pihak yang membutuhkan pendampingan hukum.Kantor LBH Nosbe Papua ini adalah yang pertama sekali di wilayah kabupaten Sorong dimana kami memiliki 7 pengacara yang sudah siap di LBH Nosbe Papua.

"Harapan kami, LBH Nosbe ini bisa lebih dipercaya oleh lapisan masyarakat Sorong Raya yang ada di Papua Barat dalam hal penaganan perkara gratis kepada masayarkat tidak mampu,"ucapnya. 

Oleh kerna itu Septinus berharap pemerintah memberikan suport yang namanya LBH ini adalah pelayanan Hukum khususnya kepada para pencari keadilan. LBH Nosbe, dirinya pastikan akan besar jika dipercaya  oleh lapisan masyarakat di Papua Barat. Bahkan seluruh Indonesia jika kami LBH Nosbe mendapat perkara di luar Papua Barat dan Papua maka kunci kerja kami sesuai harapan bapak buapti sorong selaku penasehat  LBH  Nosbe adalah kerja dengan hati serta mengucap syukur kepada Tuhan.

"Pada akhir ini saya selaku Anak Moi menghimbau kepada para intelektual Moi untuk harus mendukung dengan cara mebawa perkara ke Lembaga Bantuan Hukum ini,"pesan Septinus Lobat.

Septinus kembali memaparkan bahwa Visi dan misi LBH Nosbe Papua sudah jelas yaitu melaksankan investigasi dari tingkat Polres sampai kejaksaan.Serta kami juga melaksankan sosialisasi dan pelatihan kepada anggota LBH Nosbe Papua, dimana tujuan LBH Nosbe Papua ini untuk melayani pendampingan hukum secara gratis sebagaimana yang diatur dalam undang-undang.

Sementata itu, Ketua Pembina LBH Nosbe Papua, Adi Sumargo juga mengungkapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, terimakasih atas kehadiran  Bupati Sorong dalam acara kegiatan peresmian kantor LBH Nosbe Papua, tentunya harapan kami adalah bahwa LBH Nosbe Papua ini satu satunya di Kabupaten Sorong yang bertujuan untuk menegakan keadilan.

"Kami berharap doa dan restu dari masyarakat Kabupaten Sorong, dimana hati kami ingin sekali memiliki rasa peduli kepada saudara saudara kita orang asli Papua. Dimana dalam LBH ini ada juga anak-anak asli Papua sebagai pendiri LBH Nosbe Papua dan pada intinya kami juga siap bekerjasama dengan pemerintah, dalam menegakkan reformasi hukum dimana kami siap untuk melayani dan menampung aspirasi masyarakat yang kita akan selesai dalam lingkungan keluarga,"ujarnya. 

Dikatakan Adi Sumargo bahwa langkah langkah yang diambil LBH Nosbe Papua kedepan adalah akan melaksanakan terobosan-terobosan dalam menegakkan hukum.Ia juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada Bupati Sorong atas suportnya sehingga kegiatan ini peresmian Kantor LBH Nosbe Papua Bisa terlaksana sesauai dengan rencana.

Hal yang sama juga di sampaikan Batista,S.H, M.H mewakili Pengadilan Negeri kelas 1B Sorong  menyampaikan Bahwa begitu banyak tantangan yang dihadapi masyarakat dalam masalah hukum. Sehingga masyarakat tersebut akan meminta bantuan hukum dan hari ini kita bisa melihat putra Moi yang mendirikan satu LBH karena LBH itu bisa legitigasi (penyelesaian proses pengadilan) dan non legitigasi ( penyelesaian di luar proses pengadilan) oleh karena itu kita juga harus memahami bahwa penyelesaian masalah hukum tidak harus dipegadilan.

Dirinya juga berharap kepada pengurus LBH yang ada agar selalu melakukan sosialisasi kepada masyarakat sehingga masyarakat mengerti akan LBH ini." Dan saya secara pribadi dan institusi akan selalu membuka hati untuk kita bisa berdiskusi kapan dan dimana pun , serta terimaksih kepada LBH atas kebersamaan kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan hukum," pungkasnya. 

Hadir dalam kegiatan ini Bupati Sorong Dr.Johny Kamuru S.H.,M.Si, Batista, S.H., M.H ( Pengadilan negeri Sorong Kelas 1b Kota Sorong), Aiptu Moctar Badarudin (Kanit Reskrim Polsek Aimas ), John Klasmian (Penasehat LBH Nosbe Papua), Adi Sumargo ( Pembinaan LBH Nosbe Papua), Septinus Lobat (Ketua LBH Nosbe Papua), Abdul Salam (Seketaris GP Ansor Papua Barat, Wardoyo (Ketua RT Jl. Labu, Kelurahan Malawele), Sutikno,S.Pd (Ketua Ikaswara Kabupaten Sorong), Tokoh adat dan masyarakat.(Red/BK)

Posting Komentar

0 Komentar