Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Kepala Suku Besar IMEKKO Sorsel Resmi Terpilih Melalui Pemilihan Terbuka

Suasana pemilihan kepala suku besar Imekko Sorong Selatan

Media Fajar Timur.Com, Sorong Selatan - Mengisi kekosongan jabatan kepala suku  besar IMEKKO diwilayah kabupaten sorong selatan yang ditinggalkan oleh almarhum bapak Dominggus Aifufu, Masyarakat suku besar Imekko akhirnya resmi memilih kepala suku besar mereka melalui Mubes Suku Besar Imekko kabupaten sorong selatan.

Pelaksanaan Musyawarah Pemilihan Kepala Suku Besar Imekko  Periode 2022 - 2026 diselenggarakan diaula Marthen Luther kampung Wermit distrik Teminabuan kabupaten sorong selatan, Sabtu (30/4/22) dan dibuka langsung oleh bupati kabupaten sorong selatan Samsudin Anggiluli, SE. M.Tr.AP.

Bupati kabupaten sorong selatan Samsudin Anggiluli saat memberikan sambutan.

Setelah melalui beberapa tahapan yang diselenggarakan Badan Formatur yang diketuai oleh Jefries N. Kewetare, SP, M.Tr.AP selama kurang lebih 2 bulan, Yohan Bodori, S.Sos, M.Tr.AP akhirnya resmi terpilih nahkodai suku besar Imekko 4 tahun kedepan.

Yohan Bodori dengan nomor urut 2 terpilih dengan suara terbanyak 61 suara mengungguli tiga calon kandidat lainnya yaitu calon nomor urut 3 Barbalina Aifufu, S.Pd, M.Tr.AP (47 Suara), calon bernomor urut 4 Thomas Saupar (13 suara) dan Markus Saway dengan nomor urut 1 yang memperoleh 10 suara.

Keempat calon yang berkompetisi dalam pencalonan kepala suku besar Imekko, mereka mewakili 6 sub suku yang ada diwilayah Imekko yaitu sub suku Kaiso, sub suku Yaben Nerigo, sub suku Iwaro, sub suku Yamueti (Emeyode) dan sub suku Bira serta sub suku Awe Mareno.

Total pemilih yang berhak menggunakan hak suara dalam pemilihan tersebut berjumlah 133 orang yang terdiri dari 120 pemilih dari 6 sub suku, selain itu hak suara lainnya yang juga ditetapkan terdiri dari 5 orang utusan badan formatur, 2 orang utusan provinsi Papua barat yaitu DPR Otsus George Karel Dedaida, S.Hut. M.Si dan Wakil ketua LMA Provinsi Papua Barat Frengky Umpain, 1 orang perwakilan suku Imekko wilayah Sorong Dom ditambah dengan 4 suara dari calon kandidat dan ditambah dengan 1 suara dari bupati kabupaten sorong selatan Samsudin Anggiluli yang diwakili oleh rektor universitas Werisar Hengky Gogoba, S.Sos, MA.

Dari total 133 suara yang ditetapkan, 131 terpakai sah dan 2 suara lainnya dinyatakan rusak dan abstein.

Untuk menjaga kebersamaan antar 6 sub suku maka dari total 120 orang utusan 6 sub suku, disamaratakan masing-masing sub suku menyiapkan 20 orang keterwakilan untuk menggunakan hak pilih dalam proses pemilihan.


Dihubungi media ini via seluler Minggu dini hari (1/5/22), Sekretaris Badan Formatur Pemilihan Kepala Suku Besar Imekko Sorong Selatan Robi Tinopy, SH. M.Tr.AP menyampaikan bahwa kerja-kerja badan formatur dimulai sejak bulan februari 2022 hingga masuk pada puncak agenda pemilihan di bulan mei 2022.

Beberapa tahapan diutarakan Roby Tinopi antara lain, penyiapan tahapan dan jadwal lalu kemudian masuk pada pendaftaran calon yang dimulai pada 11 April 2022, selanjutnya konsolidasi calon atau massa kampanye pada 6 sub suku selama 1 bulan setelah itu dilanjutkan dengan pencabutan nomor urut calon, hingga puncaknya masuk pada tahapan proses pemilihan tanggal 30 April 2022.

Robi Tinopy yang juga menjabat sebagai kepala distrik Metemani menambahkan bahwa proses ini dilakukan dengan menjunjung tinggi azaz demokrasi guna melahirkan pemimpin suku besar Imekko yang dipilih langsung oleh masyarakat dari 6 sub suku yang mendiami pesisir negeri Imekko.

Yohan Bodori, S.Sos. M.Tr. AP Kepala suku besar Imekko Terpilih

Oleh sebab itu diharapkan kepala suku besar Imekko terpilih dapat merangkul semua masyarakat dari ke-6 suku tetapi juga mampu menyelesaikan persoalan-persoalan dasar masyarakat Imekko di kabupaten sorong selatan.

Mantan Kabag Pemerintahan kampung dan lurah kabupaten sorong selatan itu juga berharap agar Kepala Suku Besar Imekko teripilih bisa membangun sinergitas bersama pemerintah daerah dalam membangun kabupaten sorong selatan kedepan. (Red.JD)

Posting Komentar

0 Komentar