Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Biro Hukum Setda Papua Barat, Gelar Pelatihan Paralegal Bagi Toga Sorong Selatan

Biro Hukum Setda Provinsi Papua Barat saat menggelar Bimtek Paralegal bagi Tokoh Agama di Kabupaten Sorong Selatan di gedung aula Marthen Luter Wermith Teminabuan. Selasa (28/6/2022)


MEDIA FAJAR TIMUR.COM,Teminabuan– Biro Hukum Sekertariat Daerah (Setda)  Provinsi Papua Barat, menggelar Pelatihan dan Bimbingan Teknis (Bimtek) Paralegal bagi tokoh agama (Toga) se-Kabupaten Sorong Selatan (SorSel), Selasa (28/6/2022). Kegiatan yang berlangsung di gedung aula Marthen Luter Wermith Teminabuan itu, dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bupati Sorong Selatan Bidang Keuangan, Micahel Momot,S.Pd.

Dalam sambutan Penjabat Gubernur Papua Barat, yang dibacakan oleh Michael Momot,S.Pd,  mengatakan pelatihan dan Bimtek Paralegal bagi tokoh agama ini sebagai pijakan awal untuk memberi pemahaman hukum kepada para tokoh agama dalam melakksankan tugas dan pelayanan.Yang dapat menjamin dan memberi keadilan tentang hak dan kewajiban umat untuk mendapatkan keadilan hukum.  

" Pelatihan Paralegal ini dengan tujuan untuk memberdayakan masyarakat,  membuat masyarakat sadar akan hukum dan manjamin masyarakat  saat menghadapi masalah hukum," ujar Gubernur sebagaimana dalam sabutan yang dibacakan Michael Momot S.Pd.

Sembari Gubernur mengimbau, para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik, demi menunjang pengetahuan di bidang bantuan hukum yang diharapkan dapat memberi  jamin pelayan bantuan hukum kepada umat yang mengalamai masalah hukum.

Melalui pelatihan ini diharapkan paralegal juga dituntut untuk memiliki kemampuan melakukan penguatan masyarakat dalam memperjuangkan hak asasi manusia dan hak lain yang dilindungi oleh hukum, serta keterampilan mengadvokasi masyarakat berupa pembelaan dan dukungan hukum terhadap masyarakat.

Sementara itu, Ketua klasis GKI Teminabuan, Pdt. Timotius Sagisolo,S.Si yang juga Ketua Persekutuan Gereja Gereja Papua (PPGP) Kabupaten Sorong Selatan saat mewakili  PPGP Provinsi Papua Barat menyamapikan meyambut baik kegiatan ini. Ia juga, memberi apresiasi atas kegiatan pelatihan Paralegal yang dilaksanakan oleh Biro Hukum Setda Provinsi Papua Barat tersebut.

"Kami menilai kegiatan pelatihan Paralegal ini sangat bermanfaat bagi kami para pelayan jemaat,Pendeta,Pastor, Ulama dalam hal pengetahuan tentang proses bantuan hukum,"ungkapnya.

Pdt.Timotius  berharap kegiatan tersebut jangan  hanya sebatas ini, tapi kalau boleh kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan. Agar para tokoh agama, Pendeta, Pastor, Ulama memperoleh  pengetahuan yang lebih mendalam tentang paralegal dalam proses mengadvokasi bantuan hukum kepada umat yang mengalami masalah hukum.(Red/BK).

Posting Komentar

0 Komentar