Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat Gelar Pelatihan Desa Wisata


MEDIA FAJAR TIMUR.COM, Raja Ampat-- Dinas Pariwisata Kabupaten Raja Ampat melaksankan Kegiatan Pelatihan Ekowisata bagi  Desa Wisata di  Raja Ampat untuk pengelolaan Desa Wisata dan Pemandu Ekowisata yang berlangsung di Aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kompleks Kantor Bupati Raja Ampat, Senin, (27/6/2022).

Pelatihan dihadiri oleh  Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Raja  Ampat, Mansur Syahdan, Kepala Dinas Pariwisata Ellen Risamasu,  Meidiarti Kasmidi, Manajer Program Pariwisata dan Peningkatan Kapasitas Wilayah Papua Barat Yayasan Konservasi Indonesia. Anastasia Gustiarini, Dosen Universitas Papua selaku narasumber.


Menurut Mansur Syahdan Pemandu eko-wisata adalah orang yang memimpin grup wisata, bertugas membuat  wisatawan  mengerti  mengenai  budaya,  sejarah,  alam  dan lingkungan. Dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan, seorang pemandu wisata dituntut untuk bisa memiliki kemampuan yang berkwalitas dalam memandu wisatawannya. Selain itu  siap berperan aktif dalam pengelolaan potensi wisata di desa wisata, dan dapat menjadi pemandu yang handal, terampil dan profesional.


“Pemerintah Daerah Kabupaten Raja Ampat melalui Dinas Pariwisata melaksanakan kegiatan pelatihan pengelolaan desa wisata dan pemandu eco- wisata melibatkan perwakilan dari 24 kampung wisata guna memberikan pembekalan peserta tentang tata cara pengelolaan desa wisata agar ke depan dapat mendorong desa wisata masuk dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI),” ujar Mansur Syahdan.

Mansur Syahdan berharap, agar para peserta setelah dibekali dengan ilmu yang diberikan selama pelatihan dapat menambah wawasan dan kembali ke kampung masing-masing untuk dapat menerapkannya untuk kemajuan kampung serta berperan aktif dalam menumbuhkan ekonomi. (Red/JS).

Posting Komentar

0 Komentar