Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Ikatan Bidan Kab.Sorong Peringati HUT IBI Ke 71

 

MEDIA FAJAR TIMUR.COM, Sorong-- Bertempat di Hotel Aquarius Kelurahan Malagusa Distrik Aimas, Pengurus Ikatan Bidan (IBI) Kabupaten Sorong memperinagi HUT IBI Ke-71, Senin (27/06/2022)  

Puncak peringatannya ditandai dengan upacara yang dihadiri oleh Staf  Ahli Bupati Bidang Pembangunan Dr. Markus Karath S.IP,M.Si.
HUT IBI tahun 2022 ini mengangkat tema" Perjalanan Panjang Profesi Bidan Mewujudkan Generasi Unggul Menuju Indonesia Maju". 


Staf Ahli Bupati mengatakan, peran Bidan tidak ringan. Bidan merupakan garda terdepan dalam menyelamatkan kesehatan dan kelahiran generasi bangsa ini sebagai tenaga profesional.

"Bidan memikul tanggung jawab atas pelayanan yang diberikan dan berupaya secara optimal dengan mengutamakan keselamatan masyarakat terutama ibu dan anak," kata Markus Karath.

Dikatakan Markus, Kabupaten Sorong memiliki 289 anggota yang tersebar di seluruh Distrik. Ini sebagai satu-satunya wadah bagi para Bidan yang mempunyai peran strategis terdepan dalam menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB) melalui, pelayanan primer sekunder tersier dan kemitraan serta pemberdayaan masyarakat.


"Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke-71 kepada Ikatan Bidan Indonesia terlebih khusus pada Bidan yang ada di Kabupaten Sorong, kiranya dengan usia sekarang  ini dapat menjadi motivator dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat,"ucapnya. 

Dikesempatan yang sama, Ketua pengurus IBI Cabang Sorong, Anita R. Wariaka, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, Bidan adalah salah satu tenaga kesehatan strategis yang memiliki tugas dan fungsi memberikan pelayanan kebidanan untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak khususnya kesehatan reproduksi perempuan dan tumbuh kembang bayi dan balita. 

"Banyak ahli telah membuktikan bahwa meningkatkan status kesehatan ibu dan anak dalam mempersiapkan generasi yang berkualitas dimulai sejak dini,yaitu sejak sebelum hamil atau bahkan dimulai dari masa remaja sesuai dengan siklus kesehatan reproduksi perempuan. Pengawasan kesehatan ibu sebelum hamil sangat menentukan kualitas anak, yang akan dilahirkan. Hal ini kita kenal dengan 1.000 hari pertama kehidupan atau Hari Pertama Kehidupan (HPK),"ungkapnya. 

 Anita R. Wariaka, memaparkan bahwa Bidan Indonesia merupakan organisasi  yang didirikan pada tanggal 24 Juni 1951 di Jakarta. Dan pada tahun yang sama IKatan Bidan Indonesia bergabung dalam organisasi perempuan yang waktu itu disebut dengan KUANi dan sebagai salah satu anggota.

Sedangkan pada tahun 1956, menjadi anggota internasional ICM dan pada tahun 1985 ini dinyatakan sebagai lembaga swadaya masyarakat. Saat ini ini telah tumbuh dan berkembang secara pesat dan memiliki 34 pengurus daerah yang berada di tingkat provinsi dan 514 pengurus cabang. Yang berada di tingkat kabupaten kota dan ada 4.984 pengurus ranting yang berada di tingkat kecamatan atau unit pelayanan, atau bahkan unit pendidikan Ikatan Bidan Indonesia. 

"IBI sebagai satu-satunya wadah bagi para Bidan, yang mempunyai peran strategis di lini terdepan dalam menurunkan angka kematian ibu dan angka kematian bayi melalui pelayanan primer sekunder tersier dan kemitraan serta pemberdayaan masyarakat,"katanya. 

Lanjutnya lagi,  di Kabupaten Sorong sendiri, memiliki 289 anggota yang tersebar di seluruh Distrik yang berada di Puskesmas- Puskesmas Pembantu bahkan di pondok bersalin Desa atau Polindes rumah sakit pemerintah klinik praktek mandiri Bidan.


Pada peringatan HUT IBI yang ke-71 Tahun 2022, IBI cabang Kabupaten Sorong, melakukan kegiatan bakti sosial diantaranya, pelayanan kesehatan ibu, melakukan pemeriksaan IPA tes untuk mendeteksi dini kanker leher rahim dan sadanis untuk mendeteksi kanker payudara.

Pelayanan ibu hamil dan juga melakukan sosialisasi pelajaran keluarga berencana juga berpartisipasi dalam pelayanan gebyar KB dan pelayanan KB serentak dan pelayanan kesehatan bayi dan balita. Pelayanan khusus melalui pelayanan imunisasi rutin serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka imunisasi dunia mulai tanggal 11 tanggal 18 April 2022. Dan bulan imunisasi anak nasional dan juga  melakukan anjang sana, kepada para sesepuh Bidan. 

Adapun beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan IBI Kabupaten Sorong, dalam menyongsong HUT kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas Bidan dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat.(Kominfo Kab.Srg/BK)

Posting Komentar

0 Komentar