Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mengajar Guru BPEC Di Manokwari Resmi Dibuka, Direktur : Fokus 2 Thema Besar

Fose bersama peserta pelatihan BPEC usai kegiatan pembukaan di Manokwari, Minggu (5/6/22)

Manokwari, Media Fajar Timur.Com – Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Mengajar Guru Black Pearl English Course (BPEC) Teacher Training yang diselenggarakan di Manokwari provinsi Papua Barat Resmi di buka pada hari minggu (5/6/22). Acara tersebut berlangsung di ruangan secretariat Lembaga Pelayanan Mahasiswa Indonesia (LPMI) Amban Manokwari.

Pembukaan Pelatihan ditandai dalam ibadah singkat bersama. Jalannya ibadah dipimpin oleh Pdt. Abimelek Tuth, S.Th selaku Ketua LPMI Provinsi Papua Barat.

Hadir pada acara pembukaan, Sekretaris  Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari Pdt. Sadrak Simbiak, S.Si Theol, Ketua LPMI Provinsi Papua Barat Pdt. Abimelek Tuth, S.Th, Direktur BPEC Fred Bundah serta 18 peserta dari provinsi papua dan provinsi papua barat.

Peserta pelatihan perwakilan klasis GKI antara lain, Klasis Baliem Yalimo, Bakal Klasis Bawer, Bakal Klasis Muara Tami, Klasis Jayapura, Klasis Nabire, Klasis Biak Selatan, Klasis Biak Utara, Klasis Teluk Wondama, Klasis Manokwari, Klasis Raja Ampat, Klasis Malamoi, dan Klasis Teminabuan.

Mengingat kehadiran BPEC di tanah papua bekerja sama dengan sinode GKI ditanah papua, maka hadir sekaligus membuka acara pembukaan Sekretaris  Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari Pdt. Sadrak Simbiak, S.Si Theol.

Sekretaris  Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari Pdt. Sadrak Simbiak, S.Si Theol saat memberikan sambutan.

Melalui sambutannya, Pdt. Sadrak Simbiak menyampaikan dukungan penuh dan apresiasinya kepada BPEC dan yayasan mutiara hitam yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Kami menyambut dengan sukacita saudara-saudara di klasis manokwari. Kami juga memberi apresiasi kepada yayasan mutiara hitam yang luar biasa dan kemudian bersama dengan lembaga gereja GKI ditanah papua dalam MOU yang sudah dibangun, ini suatu kebanggaan bagi kami. Kami sangat berterima kasih karena saudara-saudara menjadi bagian dalam sebuah rencana besar yaitu rencana Tuhan karena apa yang kita lakukan bersama ini adalah bagian dari rencana Tuhan, rancangan kebaikan dari Allah untuk kita supaya semua orang bisa diberdayakan potensinya dan kemudian bisa menjadi berkat untuk gereja, untuk tanah papua dan tentu untuk semua yang lain,” ungkap Sekretaris  Badan Pekerja Klasis GKI Manokwari Pdt. Sadrak Simbiak, S.Si Theol melalui sambutannya.

Sementara itu, Direktur BPEC Fred Bundah kepada media ini di manokwari usai acara pembukaan mengungapkan, kegiatan pelatihan dilakukan bertujuan untuk melengkapi kapasitas tenaga pengajar yang tersebar dibeberapa klasis GKI setanah papua guna menyiapkan mutu pendidikan khususnya bahasa Inggris bagi generasi muda Papua dan papua barat.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas tutor-tutor bahasa inggris yang tersebar di klasis klasis yang berada di papua dan papua barat sehingga memperlengkapi dan meningkatkan kapasitas tenaga-tenaga pengajar untuk mampu beradaptasi dengan perkembangan metodologi pengajaran yang berkembang saat ini,” tutur Fred Bundah. 

Fred melanjutkan, kegiatan tersebut mengangkat 2 tema besar agar guru-guru nantinya dapat meningkatkan kualitas dan skil mereka dalam Speaking and Assessment  dan Digital Teaching.

“Kegiatan ini ada 2 thema besar yang diangkat, yaitu guru-guru bisa menyusun atau meningkatkan kualitas atau skil mereka dalam speaking and assessment, jadi speaking and assessment  itu bertujuan agar para tutor ini dapat menyusun suatu rancangan program yang bisa meningkatkan kapasitas peserta kursus khususnya untuk mampu berkomunukasi dalam bahasa inggris. Target kedua dari kegiatan ini yaitu bagaimana guru-guru bisa beradaptasi dengan digital teaching dengan perkembangan tekhnologi dan perubahan setelah covid, kami melihat bahwa perkembangan tekhnologi memegang peranan yang sangat besar didalam dunia pengajaran atau dunia pendidikan sehingga hal ini sangat penting bagi guru-guru black pearl english course di papua dan papua barat agar mereka mampu mengembangkan kemampuan dan pengetahuan mereka dalam digital teaching atau kemampuan mereka dalam menggunakan metode-metode digitalisasi untuk membuat bahan ajar dan mengajar,” Tambah Direktur BPEC Fred Bundah.

Fred Budah Direktur Black Pearl English Course (BPEC) saat berikan arahan pada acara pembukaan pelatihan di Manokwari Papua Barat.

Ditambahkan Fred Budah, pemateri yang menyampaikan materi pada kegiatan pelatihan tersebut berasal dari Black Pearl Network di Australia tetapi juga Melbourne dan Australian Khatolik Univercity. Dirinya menilai ada komitmen yang sangat luar biasa dari mitra gereja di Australia terhadap program BPEC bagi generasi muda papua dan papua barat oleh sebab itu direktur BPEC Fred Budah sangat berharap klasis GKI di tanah papua tetapi juga pemerintah daerah untuk bisa mendukung kegiatan dimaksud guna mempersiapkan generasi muda sejak dini agar mampu menciptakan daya saing mereka baik dari sisi ilmu tetapi juga dunia kerja.

“Daya saing ini bukan saja didunia pendidikan tetapi juga didunia kerja karena kita lihat saat ini banyak sekali kesempatan beasiswa-beasiswa dari dalam maupun luar negeri dan kami berharap banyak anak-anak papua yang mampu untuk mencapai atau mendapat beasiswa-beasiswa tersebut sehingga teman-teman atau adik-adik dari papua dan papua barat mampu menggapai atau mendapatkan beasiswa-beasisa tersebut tetapi juga tidak menutup kemungkinan untuk kita pu anak-anak papua untuk bisa bersaing didunia kerja,” jelasnya.

Diketahui, kegiatan pelatihan akan berlangsung selama 2 minggu, dimulai sejak tanggal dibuka 5 hingga tanggal 22 juni 2022 di Manokwari provinsi Papua barat. (Red.SN)

Posting Komentar

0 Komentar