Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Serah Terima Jabatan PJ Bupati Sorong


MEDIA FAJAR TIMUR.COM, Aimas-- Mantan Bupati Sorong Dr. Johny Kamuru,SH,M.Si secara resmi meletakan jabatannya kepada Penjabat Bupati, Yan Piet Mosso S.Sos,MM yang telah ditunjuk oleh Menteri Dalam Negeri sebagai Penjabat Bupati Sorong.

Hal itu ditandai dengan serahterima jabatan dari Bupati Sorong yang lama, Johny Kamuru kepada Yan Piet Mosso sebagai penjabat Bupati Sorong, yang berlangsung di Aimas Convention Centre (ACC) Sorong, Jumat ( 26/8/2022).

Serah terima jabatan itu juga sebagai tindak lanjut atas Surat Keputusan Mendagri dengan nomor 131.92-5119. Dan kemudian PJ Gubernur  Papua Barat Drs.Paulus Waterpauw menindak lanjuti dengan melantik Yan Piet Mosso  sebagai Penjabat Bupati.

Sebelum serah terima jabatan, penjabat Bupati Sorong ini diawali dengan penjemputan penjabat Bupati, Yan Piet Mosso di Bandara Domine Edward Osok Kota Sorong yang baru saja  berangkat dari Manokwari dan sampai di Sorong pada pukul 10.00 WIT. Kedatangan Penjabat Bupati disambut oleh Forkopimda dan Masyarakat kabupaten Sorong yang begitu antusias dalam menyambut kedatangan penjabat Bupati Sorong tersebut.

Antusias masyarakat kabupaten Sorong tak hanya di Bandara DEO saja, namun dalam perjalanan menuju Aimas Convention Center sebagai mana tempat berlangsungnya acara serah terima jabatan di laksanakan.

Kegiatan serah terima jabatan diawali dengan doa yang dipimpin oleh Pdt.Alex Watimuri, selanjutnya dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima jabatan Bupati Sorong Kepada penjabat Bupati Sorong.

Mantan Bupati Sorong periode 2017-2022, Dr.Johny Kamuru SH, M.Si  dalam sambutannya menyampaikan bahwa kehadiran dirinya  berdiri disini sebagai mantan Bupati Sorong. Johny Kamuru juga berharap agar kehadirian Penjabat Bupati Sorong dalam kepemimpinannya untuk memimpin Kabupaten tersebut kedepan dapat di dukung oleh semua lapisan masyarakat dan semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan pemerintah Kabupaten Sorong.

"Saya sudah bilang berapa kali Bupati karateker itu adalah pilihan Tuhan, dan kita semua harus mendukung. Semua OPD yang ada harus loyal terhadap Penjabat Bupati yang baru,"kata dia.

Dirinya menuturkan kedepannya, Penjabat Bupati  tinggal berkordinasi dengan OPD yang ada agar lebih mudah melaksanakan tugas yang di berikan." Saya sebagai warga Kabupaten Sorong akan tetap mendukung, TNI/Polri untuk melaksanakan tugas-tugas kedepan,"ujarnya.

"Kita yang ada disini, saya percaya kita semua dalam lindungan Tuhan, terima kasih buat semua Pejabat yang ikut hadir dalam acara serah terima jabatan ini. Sukses untuk bapak Yan Piet Moso S.Sos,MM untuk melaksanakan tugas kedepannya," ucap Kamuru.

Sementara itu, Yan Piet Mosso selaku Penjabat (PJ) Bupati Bupati Sorong, menyampaikan beberapa pesan yang dititipkan oleh PJ Gubernur kepadanya selaku PJ Bupati Sorong, yaitu untuk meneruskan program-program yang sudah ada.

Ia pun memaparkan sejumlah program dan kegiatan yang akan di teruskan dan yaitu Menciptakan keamanan, ketertiban dengan cara pendekatan terhadap masyarakat dan lembaga lembaga yang ada, tokoh agama, pemuda dan tokoh politik.

Optimalkan ekonomi daerah dan penggunaan anggaran pada tahun 2022, mendukung menyelaraskan program nasional yang ada di daerah. Melaksanakan pengembangan Kawasan Ekonomi KEK agar lebih cepat pertumbuhan dan investasinya, serta mempersiapan pemilu serta menjaga netralitas aparatur sipil negara dalam pemilu. 

"Mari kita bersama-sama membangun tanah Malamoi ini menjadi tanah yang makmur. Orang Moi akan menjadi prioritas utama di Kabupaten  Sorong ini," tandasnya.

"Terima kasih kepada semua Forkompinda, serta kepala kepala suku besar untuk mengikuti Kegiatan Serah terima jabatan Bupati dan Wakil Bupati kepada saya Pejabat Bupati yang baru,"ungkap Yan Piet Mosso.

Penjabat (PJ) Gubernur Papua Barat Drs.Paulus Waterpauw yang diwakili oleh Kepala Biro Pemerintahan Dan Otonomi Daerah Provinsi Papua Barat A.M Rumbino S.IP, M.Si dalam sambutannya mengatakan sertijab ini bertujuan untuk menjalin komunikasi antar pejabat.

 Serta seluruh aparatur guna menjamin jalannya roda Pemerintahan serta terjaminnya keamanan di Kab. Sorong yang kita cintai bersama.

Atas nama PJ Gubernur, Ia menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sorong periode 2017-2022, Dr.Johny Kamuru SH,M.Si dan  Suka Harjono S.Sos, M.Si atas jasa yang telah diberikan kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten  Sorong. Semoga memberikan manfaat kepada Pemda dan masyarakat kabupaten Sorong.

"Oleh karena itu guna menghindari kekosongan pemerintahan kabupaten Sorong ,Presiden Indonesia melalu Mendagri mengusulkan untuk mengajukan pengangkatan Penjabat Bupati," jelasnya.

Ia juga menyampaikan kalau PJ Bupati dalam memimpin Kabupaten Sorong, harus melaporkan kinerjanya bertahap per tiga(3) bulan, guna menjadi bahan evaluasi gubernur dan akan disampaikan ke Mendagri.

"Saya mengharapkan agar Penjabat Bupati membangun komunikasi dengan Forkopimda, Anggota DPRD dan pimpinan OPD, agar tata kelola pemerintahan menjadi clear and clean agar tatanan pemerintahan berjalan dengan baik,"imbuhnya.

"Perlu saya ingatkan penjabat Bupati bukan penjabat politik, penjabat Bupati merupakan perpanjangan tangan pemerintah di derah,"tegas Rumbino.

Atas nama Pemerintah Provinsi Papua Barat, A.M Rumbino,  sampaikan selamat bekerja dan menjalankan tugas negara kepada PJ Bupati Yanpiet Mosso. "Tentunya, kemampuan dan integritas saudara akan diuji dalam tugas di derah, dan saya mohon agar tetap bersama sama menciptakan suasana yang damai tentram di kabupaten Sorong yang kita cintai bersama,"pesanya.(Red/BY/BK)

Posting Komentar

0 Komentar