Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

TMP Tri Tjakrabuana Dan Tugu Trikora Tak Diurus Jelang HUT RI Ke-77, GMNI SorSel Angkat Bicara



MEDIA FAJAR TIMUR.COM, Teminabuan -- Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI)cabang Kabupaten Sorong Selatan (SorSel) menilai ada kejangalan menjelang perayaan HUT negara kesatuan Republik Indonesia ke- 77 dimana dua situs sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia di Kabupaten SorSel, yakni Taman Makam Pahlawan (TMP) Tri Tjakrabuana di Kelurahan Kaibus  dan tugu Trikora di Kampung Werisar Distrik Teminabuan kurang terurus dengan baik.

GMNI sebagai organisasi yang fonding fahternya adalah Ir.soekarno yang merupakan pemimpin revolusi  bangsa Indonesia,GMNI  merasa ada penghinaan pada perjuangan ini. Pasalnya, dua situs tersebut kurang di rawat  dan mendapat perhatian dari pemerintah setempat.


Obaja W.Saflessa

Ketua Bidang Kajian dan Pengembangan Idiologi Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) SorSel, Obaja Weleli Saflessa yang juga sebagai pemerhati lingkungan menilai pemerintah SorSel kurang memperhatikan dan tidak adanya rasa nilai sejarah yang besar. Menurutnya, kedua situs tersebut perlu di perhatikan menjelang momen  17 Agustus yang merupakan Hari Ulang Tahun  (HUT) ke-77 RI.

 "Nilai  bendera Sang Saka Merah Putih di kebarkan pada seluruh pelosok Papua dan Papua barat pertama kali di Kabupaten Sorong Selatan dan sejarah itu ada buktinya di TMP Tri Tjakrabuana dan tugu Trikora,masa untuk cat dan pembersihan itu hanya begitu saja," kata Obaja dengan nada sedih kepada media ini di Teminabuan, Selasa (16/8/2022) 


TMP Tri Tjakrabuana

Melihat kondisi terkini di dua situs sejarah perjuangan bangsa Indonesia tersebut,  mendapat reaksi tanggapan dari GMNI  SorSel yang  tentu sebagai pemerhati lingkungan serta organisasi kepemudaan.

Dikatakan Obaja,dalam nilai perjuangan pembebasan Irian Barat sejak tahun 1962 lalu mengisahkan dua situs bersejarah yakni tugu Trikora di kampung werisar Distrik Teminabuan dan taman makam pahlawan di kompleks pasar Ampera Kelurahan Kaibus Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat.

Baca juga : Tim Panilai Lomba Kebersihan Dan Administrasi Kampung Distrik Teminabuan Kunjungi Kampung Magis - Wehali

Tugu Trikora

"Kami berharap dua situs sejarah yaitu tugu Trikora dan taman makam pahlawan Tri Tjakrabuana ada nilai  perjuangan bangsa Indonesia. Bukan saja mendapat perhatian dari pemerintah Kabupaten Sorong Selatan, tetapi juga mendapat perhatian  dari  pemerintah Provinsi Papua Barat," ujar Obaja Saflesa. (Red/BK)

Posting Komentar

0 Komentar