Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Pj.Bupati Sorong Berikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Sorong

 



MEDIA FAJAR TIMUR.COM,Sorong--Bertempat di lantai 3 gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah Sorong(UMS), Penjabat (Pj)  Bupati Sorong Yan Piet Moso S.Sos.,MM memberikan kuliah umum kepada mahasiswa/mahasiswi Fakultas ilmu Sosial Dan ilmu Politik Universitas  UMS, Selasa (27/9/2022).

Menyambut kedatangan Pj. Bupati Sorong, Dr. Muhammad Ali SH.MM selaku Rektor UMS menyampaikan Semoga pada kesempatan kali ini mahasiswa dan mahasiswi mendapatkan semangat baru, karena pada hari ini Bapak PJ Bupati dapat memberikan kuliah umum pada mahasiswa-mahasiswi UMS, khususnya Fakultas Fisip.

Universitas Muhammadiyah Sorong ini SKnya di Kabupaten Sorong, kalau diijinkan mudahan-mudahan nantinya kedepan juga ada kampusnya di Kabupaten Sorong.

"Selaku Rektor saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini, semoga ini menjadi awal dan seterusnya Pak Bupati dapat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan mahasiswi,"ujarnya.

Pada kesempatan ini juga, Rektor UMS menyampaikan terima kasih kepada semuanya. Ia mengutarakan mudah-mudahan ini dapat ditingkatkan kerja samanya, sharing-sharing,  sehingga mahasiswa tidak demo, paling tidak demo pemikiran-pemikiran atau diskusi.

"Mudah-mudahan ada manfaatnya bagi kita semua. Sebagi pimpinan saya mengapresiasi dan mendukung karena ada seminar-seminar seperti ini, agar mahasiswa itu bukan hanya dibekali dari 1 sumber,"kata Rektor UMS.

Didalam kuliah umum yang di berikan oleh Pj Bupati Sorong  menyampaikan bahwa dirinya menjadi bagian dari ilmu sosial dan ilmu  politik, karena ia  adalah alumni dari Fakultas orange  Fisip Universitas Cendrawasih.

"Ada satu suka cita tersendiri bagi saya, karena bisa berdiri ditengah-tengah mahasiswa-mahasiswi disini. Tema hari ini sangat menarik karena peran pemimpin berpengaruh besar pada politik diera milenial,"ungkapnya.

"Pada kesempatan kali ini kita harus tahu dan mengenal sosok-sosok pemimpin milenial. Kepemimpinan di era globalisasi dan jaman milenial itu harus dirubah, sesuai dengan kondisi dan perkembangan jaman.

Dan di Fisip itu ada mata kuliah yaitu dasar-dasar kepemimpinan,"sambungnya lagi.

Dikatakan Pj. Bupati Yan Piet Mosso, ada 3 hal yang dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu : 

1. Seorang menjadi pemimpin karena berkharisma yang terbawa dari gen orang tuanya

2. Dia menjadi pemimpin karena berproses karena terbentuk atau belajar.

3. Yang terakhir adalah kolaborasi dari kedua- duanya.

"Jadi kalau hanya belajar teori saja tidak cukup, tetapi kalau ada Kharisma atau dari gen dan dari pembinaan-pembinaan pasti kelak kita akan jadi pemimpin,"tandasnya.

Menurutnya,untuk menjadi seorang pemimpin yang sukses itu tidak semua orang dapat memilikinya. Ada orang yang hanya bisa ambisi untuk menduduki sebuah jabatan, tetapi pada jabatan kekuasaan itu, dia tidak dapat mengelola manajemen organisasi yang memberikan kemajuan pada organisasi tersebut.

"Jadi yang saya harapkan dari mahasiswa-mahasiswi ini. Gaya pemimpin hari ini yang pertama kita harus punya kemampuan akademik, dan diimbangi dengan psikomotor. Dan saya percaya mahasiswa dikampus ini yang sarjana, hari ini hebat-hebat, dan kalau tanpa UMS mereka tidak bisa apa-apa,"paparnya.

Dirinya menilai kalau kampus UMS ini sebagai kampus lembaga akademik yang telah melahirkan SDM yang sangat besar di Sorong Raya. Jadi bukan hanya mencerdaskan SDMnya tetapi melahir pemimpin-pemimpin hebat.

Yan Piet Mosso mengharpkan agar mahasiswa dan mahasiswi Unamin  harus percaya diri dan punya optimistis bahwa kita juga bisa walaupun kita kuliah di dalam daerah kita sendiri.

"Saya berharap kedepan kalau belajar ilmu politik di Unamin sini  jangan terlalu bikin diri inti, jangan membangun opini membuat surat opini opini,"pesanya.

Pj.Bupati Yan Piet Mosso berpesan kepada mahasiswa dan mahasiwa Unamin yang mengikiti kulaih umum itu agat andalkan otak dan kecerdasan sebab jaman sudah berubah karena kita sudah mengalami modernisasi di era digital.

Lanjutnya lagi,  kepemimpinan sekarang itu harus bisa mengelola organisasi dengan teknologi.Ia berharap kedepannya semua mahasisw-mahasiswi akan menjadi pemimpin transformasi kedepan.

"Saya berharap politik yang hari terjadi di Indonesia dan dipapua barat, kebanyakan cara pandang kita itu pikir politik dan pemilu, sesungguhnya bukan. Belajar hari ini, bentuk diri hari ini, investasi hari ini, suatu ketika kita akan muncul sebagai pemimpin kharismatik,"ujarnya sembari memberikan motivasi.

"Saya percaya adik-adik semua ini kedepan akan menjadi calon-calon pemimpin masa depan. Selamat menimba ilmu, belajar dengan sebaik mungkin, investasi hari ini, semoga kedepannya sukses pastikan kedepannya anda semua mahasiswa-mahasiswi menjadi pemimpin yang lebih baik,"ucap Pj Bupati Yan Piet Mosso

Diakhiri kegiatan kuliah umum ini, Rektor UMS Sorong memberikan plakat dan souvenir kepada Pj.Bupati dan diakhiri dengan foto bersama para Rektor dan dekan serta dosen Kampus UMS.(Red/BY/BK)

Posting Komentar

0 Komentar