Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Masyarakat Kampung Wendi Gelar Musyawarah Pemilihan Anggota BAPERKAM Masa Bhakti 2022 - 2027

Suasana Pemilihan Anggota Baperkam Kampung Wendi masa bhakti tahun 2022-2027 yang berlangsung di balai Bol Sadir Foyodile Kampung Wendi. Sabtu (26/11/2022)



MEDIA FAJAR TIMUR.COM,Wendi --- Pemerintah dan masyarakat Kampung Wendi Distrik Sawiat Kabupaten Sorong Selatan, mengelar pemilihan anggota Badan Permusyahwaratan Kampung (BAPERKAM), Sabtu (26/11/2022).

Dari pantauan mendia ini, kegiatan musyawarah yang berlangsung penuh demokrasi  di balai Bol Sadir Foyodile Kampung Wendi itu  untuk memilih 5 orang anggota Baperkam Wendi untuk masa bhakti tahun 2022-2027.  

Musyawarah pemilihan anggota BAPERKAM ini, sebagai wujud dari 
 pelaksanaan amanat Undang - Undang Nomor  6 Tahun 2014  Tentang  Desa. Dan peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri ) Nomor 110 Tahun 2017 Tentang Badan Permusyawaratan Desa/Kampung.


Kegiatan Musyawarah yang dihadiri oleh unsur- unsur masyarakat ,utusan wilayah dusun dan RT yang ada di wilayah pemerintahan Kampung Wendi .Sebelum di mulainya kegiatan musyawarah diawali dengan doa yang di pimpin  Hendrikus  Krimadi mewakili intelektual Kampung Wendi yang juga kesehariannya  sebagai kepala sekolah SMP  Sawiat .  

Kepala Kampung Wendi Sepnat Krimadi dalam sambutannya mengingatkan  agar masyarakat  menjujung dan menjalankan proses demokrasi pemilihan  BAPERKAM secara adil ,seimbang dan  kesetaraan gender.


"Atas nama pemerintah, kami mengajak dan mengimbau masyarakat agar melaksanakan demokrasi pemilihan anggota Baperkam Wendi ini secara demokrasi dengan memilih anggota dari keterwakilan marga dan sub marga yang ada di kampung Wendi," imbuhnya.

Sebelum masuk pada  pemilihan, masing-masing marga dan sub marga mengusulkan calon anggota Baperkam.
Alhasil masyarakat mengusulkan 8  bakal calon yang selanjutnya di tetapkan menjadi calon tetap yang mewakili unsur unsur masyarakat, marga dan sub marga.

Kedelapan calon yang berhasil dicalonkan dan bertarung pada proses pemilihan anggota Baperkam itu antara lain ,calon dengan nomor urut
 1.Joni Krenak  
2.Otnyel Sagisol
3 Samuel Krimadi  
4.Sarce Sagisol ,
5.Apia Sagisol 
6.Yance  Sagisolo
7.Nikolas Krimadi
8.Matius Krenak



Delapan calon yang bertarung pada pemilihan Anggota BAPERKAM Wendi masa bhakti 2022 - 2027 ini, lima calon merupan incamben yaitu  calon nomor 1, 2, 3, 4 dan 5. Sedangkan calon nomor urut 6,7,dan 8 adalah Wajah baru yang di usulkan oleh masyarakat.

Setelah melalui tahapan pencalonan dan penetapan calon tetap,di lanjutkan dengan proses pemilihan yang di ikuti oleh 40 perserta musyawarah dari unsur-unsur masyarakat yang hadir menyalurkan hak suara. Pada pemilihan dan perhitungan suara ,putaran pertama dengan masing masing calon memperoleh suara terbanyak sebagai beriku:

1.Yance  Sagisolo meraih suara terbanyak pertama dengan total 8 suara  sah.
2.Joni Krenak Dan Samuel Krimadi 7 suara sah
3.Nikolas Krimadi total perolehan suarah 6 suara 
4.Matius Krenak dan Apia Sagisolo total suara 5 suara sah.
5. Sarce Sagisolo 3 suarah sah.

Selesai perhitungan suara pada putaran pertama, forum musyawara menyepakati untuk di lanjutkan pemilihan langsung putaran kedua yang di khususkan bagi para calon yang memperoleh suarah sah yang berimbang diantaranya Joni Krenak dan Semuel Krimadi yang memperoleh suarah berimbang 7 tujuh suara. Apia Sagisolo  dan Matius Krenak memperoleh  5 suara . Pelaksanaan pemilihan pada putaran kedua waktu pelaksanaannya akan diberitahukan oleh Kepala Kampung  Wendi.(Red/Fosa)

Posting Komentar

0 Komentar