Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Cegah Stunting Kader Posyandu Kampung Wendi Gelar PMT Bagi Bayi Balita Dan Bumil

Tenaga Kesehatan Puskesmas Sawiat saat menyerahkan kemasan  Susu Bubuk kepada seorang Ibu Hamil di Kampung Wendi. Senin (5/12/2022)


MEDIA FAJAR TIMUR.COM,Wendi- Sebagai upaya pencegahan Stunting bagi Bayi, Balita dan Ibu Hamil (Bumil) serta Ibu dalam keadaan meyusuai, Kader Posyandu Kampung Wendi Distrik Sawiat Kabupaten Sorong Selatan  mengelar kegaiatan pemberian Makanan Tambahan (PMT).

Kegiatan yang dipusatkan di balai Posyandu Fosa Wendi, Senin (5/12/2022). Kader Posyandu Wendi bekerja sama dengan petugas Kesehatan Puskemas Sawiat memberikan PMT yang sasarannya kepada Bayi, Bali, Bumil dan Ibu  dalam keadaan menyusia. 

Ketua Kader Posyandu Fosa Kampung Wendi Dolfince Krimadi didampingi Kader Pembangunan Manusi (KPM) Magdalena Kamesrar  saat  ditemui media ini  usai kegiatan itu menjeleskan Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.Sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan ,anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

"Kegiatan PMT  yang kami laksanakan ini sebagai upaya yang  bertujuan agar anak-anak yang yang ada di kampung Wendi  dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di waktu mendatang,"ujar Dolfince. 

Dolfince menjelaskan kegiatan pencegahakan Stunting dalam bentuk pemberian PMT itu   mendapatkan dukungan alokasi dana dari pemerintah Kampung Wendi sebesar Rp.10 juta. "Kami gunakan untuk kegiatan pencegahan Stunting yaitu pemberian makanan tambahan," paparnya.

Lanjut Doli ,sapaan akrabnya Ia menerangkan bahwa,ada  tiga hal yang pihaknya laksanakan dalam pencegahan stunting di Kampung Wendi  yaitu,pertama  perbaikan terhadap pola makan yang saat ini tengah dilaksanakan.

Kedua pola asuh, serta  ketiga adalah perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Ia menambahkan kegiatan PMT ini sebagai bagian dari komitmen pemerintah Kampung Wendi dalam mendukung dan menyukseskan program nasioan pencegahan Stunting yang saat ini  dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Sementara itu Kepala Kampung Wendi, Sepnat Krimadi berharap agar semua pihak bekerja sama  dalam pencegahan Stunting di Kampung Wendi.

Ia juga  mengharapkan kepada kader Posyandu dan tenaga  Kesehatan untuk menyiapkan program peningkatan pencegahan Stunting  yang akan dibawa dan bahas untuk kegiatan tahun anggaran 2023 nanti.

Hadir Pada Kegiatan tersebut Kepala Kampung Wendi, Sepnat Krimadi,Ketua Baperkam Joni Krenak  dan para tenaga Kesehatan (Nakes ) dari  Puskesmas Sawiat. Para Kader yang terdiri dari Kader Pembangunan Manusia,Kader Posyandu dan Kader Keluarga Berencana Kampung Wendi. (Red/Fosa)

Posting Komentar

0 Komentar