Ticker posts

Loading...

Header Widget

Sawah Responsive Advertisement

Distrik Teminabuan MoU Dengan Poltekes Kemenkes Sorong Bina 3 Kampung Sehat

Kepala Distrik Teminabuan dan Direktur Poltekes Kemenkes RI Sorong saat melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), Rabu (23/8/2023)


MEDIAFAJARTIMUR.COM, TEMINABUAN – Pemerintah Distrik Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan Provinsi Papua Barat Daya melakukan penandatanganan kerja sama Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan (Poltekes Kemenkes) RI Sorong untuk meningkatkan kualitas derajat kesehatan masyarakat khususnya bagi warga masyarakat di 3 Kampung yang akan menjadi sasaran pembinaan selama 1 tahun. 

Tiga kampung di wilayah Distrik Teminabuan yang akan menjadi sasaran pembinaan kesehatan dari Poltekes Kemenkes RI Sorong itu yakni kampung Gorolo,  Tegirolo dan kampung Seribauw. Tiga kampung ini akan menjadi titik awal dari kerja sama  Mou tersebut dan akan dilanjutkan kerja sama tersebut ke kampung kampung lainnya yang ada di wilayah Distrik Teminabuan sesuai kebutuhan antara kedua belah pihak.

Penandatanganan MoU oleh Kepala Distrik Teminabuan, Joas Saflembolo,SH  dan Direktur Poltekes Kemenkes Sorong Ariani Pongoh,S.ST, M.Kes  ini dilaksanakan di kantor Distrik Teminabuan Rabu (23/8/2023).


Kepala Distrik Teminabuan, Joas Saflembolo ditemui mediafajar timur.com seusia penandatanganan  MoU tersebut mengatakan  tujuan  utama kerja yang sama yang dilakukan  Poltekes Kemenkes Sorong dengan pihaknya ini adalah untuk membina dan meningkatkan kualitas kesehatan warga masyarakat di 3 kampung tersebut.

"tiga kampung binaan  dari Poltekes Kemenkes Sorong ini adalah dibidang  kesehatan. Kerja-kerja yang dilakukan nanti adalah pemetaan masalah kesehatan,  sosilaisasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan warga masyarakat, pemeriksaan kesehatan ibu hamil,  pemeriksaan kesehatan anak, penanganan masalah stunting dan beberapa pelayanan kesehatan lainnya," ujaranya. 

Atas nama pemerintah kabupaten Sorong Selatan dan pemerintah Distrik Teminabuan, Joas mengutarakan pihaknya sangat bersyukur karena dengan adanya MoU ini, Poltekes Kemenkes Sorong melalui mahasiswa dan mahasiswinya yang saat ini tengah melalukan praktek kerja lapangan di Puskesmas Teminabuan bisa secara langsung bekerja melakukan pendataan,  penataan, pembinaan, dan pemerikasaan kesehatan secara  langsung bagi warga di 3 kampung binaan tersebut. 

Dirinya juga mengimbau kepada para kepala kampung dan warga masyarakat di 3 kampung binaan Poltekes Kemenskes itu agar bekerja sama dan mendukung program dan kegiatan kerja yang dilakukan oleh mahasiswa Poltkes dalam pembinaan kesehatan di kampung binaan. 

"kami berharap kepada kepala kampung dan warga masyarakat terutama kepala kampung di tiga kampung binaan ini agar mendukung program kerja sama ini tetapi juga  bekerja sama dengan tenaga medis yang akan turun langsung ke kampung kampung binaan ini untuk melakukan pendataan kesehatan dan pemerikasaan kesehatan secara langsung kepada warga masyarakat yang ada di tiga kampung binaan tersebut," imbuhnya. 

Sembari Joas Menekan juga untuk semua lapisan masyarakat di tiga kampung binaan itu, agar secara sadar mendukung dan bekerja sama dengan petugas kesehatan (mahasiswa praktek lapangan)   Poltekes Kemenskes Sorong dalam hal pemeriksaan kesehatan dan pendataan masalah kesehatan. 

Pasalnya,  dari hasil pendataan dan pemerikasaan kesehatan warga masyarakat itu akan menjadi data yang akurat yang akan sampaikan ke  dinas teknis terkait yang nantinya data-data tersebut digunakan untuk penanganan masalah-masalah kesehatan dan pencegahan dan pengobatan penyakit yang di derita oleh warga masyarakat. (Red/BK)

Posting Komentar

0 Komentar